Minggu, 13 Desember 2009

Kenapa harus merantau ?

Setelah kita lulus kuliah kita pasti bekeinginan untuk langsung mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang kita, banyak dari kita yang melamar pekerjaan di perusahaan yang menyediakan atau sedang merekrut karyawan baru, tapi sering kali kita juga tidak lolos dalam seleksi yang mereka adakan karena memang persaingan yang sangat ketat antar pencari kerja di jaman sekarang ini.

Tapi adakah dari kita yang mempunyai niat untuk membuka usaha sendiri? tapi dimana?Modalnya apa?Bingungkan? Karena itulah yang membuat kebanyakan dari kita lebih suka merantau, Kenapa harus merantau?

Paradigma orang bahwa merantau di luar daerah itu lebih mudah untuk mengembangkan usaha atau mencari kerja memang sudah sangat mendalam di kalangan masyarakat kita, misalnya di jawa, orang lebih suka merantau di luar jawa karena mereka berpikir mengembangkan usaha di sana lebih gampang, dan akhirnya tanpa ketrampilan yang memadai malah banyak dari mereka yang menganggur. Pertanyaan saya bukankah banyak orang dari medan, padang, makassar, Batak dsb banyak yang sukses di jawa?he3.

Tapi bagaimana kalu paradigma kita tersebut kita balik, bukankah hasilnya akan sama? Logikanya dengan mengoptimalkan ketrampilan yang sama, porsi usaha yang sama pasti akan mendapatkan hasil yang sama pula.
Jadi disini dapat saya simpulkan bahwa paradigma atau pandangan kita lah yang akan menentukan kesuksesan kita, keyakinan di perlukan dalam berusaha entah itu dimana kita membuka usaha, entah itu di jawa, sumatra, sulawesi atau belahan dunia manapun kalau kita tidak yakin dengan apa yang kita lakukan akan berhasil maka sangat pesimis kesuksesan akan kita dapatkan, fokus dengan impian dan tidak takut gagal merupakan kunci sukses. 

Jadi masihkah anda berkeinginan merantau ? atau berupaya memanfaatkan potensi daerah sehingga daerah kita lebih berkembang.

Semoga Postingan ini Bermanfaat. Terimakasih Salam Sukses




Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Baca Juga Artikel Berikut



3 komentar: on "Kenapa harus merantau ?"

Bayu Lebond mengatakan...

kenapa kalo orang jawa yg keluar pulau disebut tranmigrasi...
tp kl orang luar jawa disebut merantau

Blogger Solo mengatakan...

Transmigrasi itu program dari pemerintah, karena di jawa penduduknya sangat padat jadi pemerintah membuat program transmigrasi supaya penduduk indonesia merata..

v-troh mengatakan...

Nice post sobb, ada benernya juga seh...

Posting Komentar