Kamis, 29 Juli 2010

5 Prinsip Penting Entrepreneur Sukses Berwirausaha

Setelah sekian bulan saya pasif ngeblog akhirnya pada malam ini saya mencoba berbagi lagi dengan teman-teman semua,sebelumnya saya ucapkan salam sukses, setelah saya membaca sebuah buku motivasi karya Prof. Laode Kammaluddin, Ph.D. yang berjudul Rahasia Bisnis Rasulullah, hati saya merasa tergelitik untuk mencoba membagikan isi dan makna salah satu tulisan dari halaman buku karya beliau yang saya rasa akan sangat bermanfaat bagi kita semua agar kita dapat menerapkan dalam kehidupan kita.

Dalam Buku tersebut di sebutkan bahwa Pakar Manajemen Bisnis Indonesia, Dr. Rhenald Kasali ada 5 prinsip penting yang harus di pegang agar seorang entrepreneur bisa sukses berwirausaha yang dapat saya rangkum yaitu sebagai berikut :

1. Senantiasa Menjaga Reputasi ( Nama Baik )

Reputasi merupakan hal mendasar dalam kehidupan apalagi dalam dunia bisnis karena tanpa nama baik mustahil bagi kita semua untuk mendapatkan kepercayaan orang alias tak ada kepercayaan tak ada bisnis.

2. Tumbuh dari bawah

Sukses tidak mungkin dicapai dalam waktu singkat, sukses tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Sukses membutuhkan proses untuk membentuk sukses itu sendiri. Seperti naik tangga yaitu step by step dari bawah dan akhirnya mencapai puncak.

3. Konsentrasi ( Fokus )

Jika kita telah memutuskan untuk masuk ke bidang tertentu, maka kita harus fokus dan berkonsentrasi. Jangan satu belum beres, sudah mau memulai bidang yang lain. Konsentrasi juga menuntut ketekunan kita. Seperti pepatah Jawa Sanajan Mung Nganggo Teken Waton tekun mesthi Tekan. Kekuatan fokus inilah sebenarnya yang harus kita jaga, coba bayang kan jika kita dia jarkan fokus dari kecil misalnya seoarang anak TK yang sejak kecil ingin menjadi seorang ahli komputer dan fokus mempelajari ilmu komputer dari itu juga, apa yang akan terjadi ketika dia sudah umur 25 tahun, maka saya yakin dia akan mampu menjadi seorang yang profesional.

4. Anti Kerumunan

Tidak terjun ke tempat atau bidang yang telah banyak di masuki orang (Bukan pengikut) kecuali mampu memberikan nilai lebih yang membedakan kita dengan pemain sebelumnya. Atau boleh saya bilang kita harus kreatif, bisa menciptakan sesuatu yang berbeda dan bukan sekedar ikut-ikutan saja.

5. Modal bukan yang utama

Modal sebenarya hanyalah sebagai pelengkap, hampir semua orang tidak berani memulai berwirausaha dengan alasan kendala modal, mereka berpikir untuk memulai usaha harus ada modal besar. Bahkan seperti yang di katakan seorang entrepreneur gila Purdi E. Chandra dalam bukunya Menjadi Entrepreneur Sukses , untuk menjadi seorang yang sukses tidak di butuhkan duit, yang di butuhkan hanya tiga hal yaitu BOTOL (Berani Optimis dengan Tenaga Orang Lain), BOBOL (Berani Optimis dengan Orang Lain), dan BOBOL (Berani Optimis dengan Bisnis Orang Lain) yang akhirnya dengan konsep itu mengahantar kan Purdi E. Chandra sukses membangun bimbingan belajar Primagama Group menjadi bimbel raksasa yang punya cabang di seluruh Indonesia. 

Memang tak mudah untuk menjadi seorang yang sukses, karena selain berani untuk memulai kita juga harus kreatif, di dunia enterpreneurship kreativitas akan menjadi raja. Seorang enterpreneur, mustahil bisa eksis dan berkembang tanpa kemapuan menciptakan sesuatu yang baru pada setiap waktunya. Kreativitas bisa datang dari siapa saja dan dari apa saja. Interaksi sosial kitapun bisa menjadi stimulan munculnya ide inovatif bagi kita jadi tidak patutlah kita menyerah hanya karena sesuatu hal negatif yang sering kali masuk dalam pikiran kita. Orang kraeatif adalah orang yang berani mengambil resiko, ada sukses ada resiko, resiko kecil kemungkinan sukses pun kecil begitu juga sebaliknya resiko besar kesuksesan besar Insya Allah akan kita raih. Terima kasih dan Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam Sukses


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Baca Juga Artikel Berikut



3 komentar: on "5 Prinsip Penting Entrepreneur Sukses Berwirausaha"

Junior BLogger mengatakan...

Gan link ente dah ane pasang, pasang balik yah,,,ditunggu...?

singapore news mengatakan...

kebetulan saya lagi mau memulai bisnis nih

Outdoor Cushion mengatakan...

Seorang entrepreneur sukses memang harus memiliki prinsip-prinsip yang menjunjung tinggi nilai kesuksesan. Saya ingin sekali menjadi entreprenur atau pengusaha sukses di bidang furniure terutama outdoor furniture dengan produk outdoor cushion. Dan saya sedang merintis usaha saya di bidang outdoor furniture.

Posting Komentar